Kamis, 11 Oktober 2018

MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUSIKASI
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi



Disusun oleh :
Azizah Fitriani NIM 170211002

Universitas Muhammadiyah Bandung
2017/2018


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat, rahmat, taufiq serta hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan tepat waktu meskipun masih terdapat banyak kekurangan.
Kami  juga mengucapkan terima kasih banyak kepada segenap pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas ini, terimakasih juga saya ucapkan kepada Ibu Rinanda Febriani,S.ST., MT. selaku dosen pengampu dalam mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah membimbing dan memberi tugas ini.
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Saya menyadari masih banyak kekurangan dalam makalah ini oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar kedepannya dapat lebih baik lagi.


Bandung, 11 Oktober 2018

   
        Penyusun



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.....................................................................................1
DAFTAR ISI...................................................................................................2
BAB I
LATAR BELAKANG.....................................................................3
RUMUSAN MASALAH.................................................................3
TINJAUAN PUSTAKA..................................................................3
BAB II
2.1 PENGERTIAN KOMPUTER..........................................................5
2.2 SEJARAH KOMPUTER.................................................................5
2.3 GENERASI KOMPUTER...............................................................7
2.4 IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI................................10
BAB III
3.1 KESIMPULAN..............................................................................12
3.2 SARAN.........................................................................................12
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................13


BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Di zaman moderen ini seperti saat ini komputer bukan lagi barang yang aneh. Komputer juga begitu penting terutama sebagai penunjang segala kegiatan seperti belajar mengajar, bisnis dll. Dengan menggunakan komputer seseorang dapat memudahkan dalampekerjaan seseorang. Hampir semua orang di seluruh penjuru dunia sudah mengetahui seperti apaitu komputer. Pengetahuan manusia yang berkembang turut mempengaruhi revolusi komputer. Pada awal perkembangannya komputer hanyalah sebuah alat hitung yang digunakan suku-suku primitif dengan bentuk yang sangat sederhana. Komputer sudah berevolusi dari mesin hitung raksasa yang minim fitur, hingga menjadi sebuah alat elektronik yang sofatnya multi tasking, dan berteknologi tinggi. Hingga pada abad sekarang ini komputer terbagi dalam beberapa generasi. Dimana pada setiap generasi memiliki karakteristik tersendiri. Dalam setiap generasi komputer pun mengalami banyak kemajuan dari segi fisik maupun perangkat software.

RUMUSAN MASALAH
Apa pengertian dari komputer?
Bagaimana sejarah perkembangan komputer?
Bagaimana tahapan perkembangan generasi komputer?
Bagaimana implementasi teknologi informasi di bidang administrasi publik

TUJUAN
Untuk mengetahui pengertian dari komputer
Untuk mengetahui sejarah penemuan sebuah komputer
Untuk mengetahui tahapan perkembangan generasi komputer
Untuk mengetahuin implementasi teknologi informasi di bidang administrasi publik


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer berasal dari bahasa Latin, yaitu Computare. Computare sendiri memiliki arti untuk menghitung. Pada awalnya, kata ini ditunjukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, bagi secara manual maupun menggunakan alat bantu hitung.
Adapun menurut Donald H. (Susanto, 2009) komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepatdan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, intruksi-intruksi program yang tersimpan di memori (stored program). Ada beberapa ciri pada suatu komputer :
Alat elektronik
Dapat menerima input data
Dapat mengolah data (data processing)
Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer
Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan (data strage)
Memiliki kendali (control)
Dapat melakukan pemindahan data (data movement)
Bekerja secara otomatis

2.2 SEJARAH KOMPUTER
Sejak zaman kuno, manusia telah menggunakan bilangan. Bahkan suku-suku paling primitif telah melakukan perhitungan rumit yang diperlukan untuk pertanian, perniagaan, dan navigasi. Alat untk mempermudah perhitungan macam itu dimulai dari batu penghitung jaman prasejarah dan meningkat maju dengan abakus.
Abakus
Abakus adalah salah satu alat yang paling awal yang digunakan untuk perhitungan. Asal abakus tidak dapat ditunjukan dengan tepat. Alat ini sudah kenal sejak zaman yunani kuno. Pertama-tama abakus berupa sebuah permukaan pasir, sabak lilin, atau batu lebar dengan tanda yang menunjukan letak bilangan dan krikil yang digunakan sebagai perhitungan. Orang romawi menyebut kerikil semacam itu calculus, dari hal tersebut berasal dari kata kalkulasi. Pada abakus modern terdiri dari dua kelompok baris yang menggambarkan tangan manusia. Limacincin bawah mewakili lima jari manusia, dan dua cincin atas mewakili dua tangan manusia.
Pascalin
Di Perancis pada tahun 1642,Blaise Pascal (1623-1662), menemukan mesin penjumlah mekanis yang pertama, digunakan untuk membantu ayahnya dalam perhitungan pajak. Penemuan pascal, yang disebut pascalin, dikenal sebagai mesin menjumlah dan mengurangi pertama.
Babbage
Pada abad ke-19, jauh sebelum tibanya abad elektronik, Charles Babbage seorang ahli matematika dari Inggris, sudah begitu dekat dengan penemuan fungsi-fungsi computer. Dengan bantuan dari Lady Augusta Ada Lovelace (1815-1842), padatahun 1834 Babbage mengembangkan mesin analitis untuk menghitung tabel astronomi untuk digunakan pada angkatan laut yang disebut mesin selisih dijalankan dengan tenaga uap.
Hollerinth
Herman Hollerith (1860-1929) adalah orang pertama yang membangun pemrosesan data. Tujuannya adalah untukmenghitung dan menjumlah sensus tahun 1890 di Amerika Serikat. Pada akhir abad 18 mendirikan perusahan “Tabulating Mechine Company”. Setelah Hollerith pensiun pada tahun 190, Thomas Watson, SR., menjadi presdir dan kemudian mengubah nama perusahaan menjadi Internasional Business Machines Corporation (IBM).

2.3 GENERASI KOMPUTER
Pada saat ini ada yang berpendapat bahwa kita sudah memasuki komputer generasi ke-empat dan bahkan ke-lima, tetapi ada juga yang masih berpendapat bahwa kita belumberanjak dari generasi ke-tiga. Perbedaan pendapat tersebut berlandaskan pada anggapan bahwa kemampuan dari Microprocessor jauh diatas IC-Chip, sedang yang menolak mengatakan, bahakonsep dasar Microprocessor masih sama dan itu hanya merupakan peningkatan dari kemampuan dari IC Chip belaka.
Generasi pertama (1946-1959)
Karakteristik komputer pada zaman ini ditandai dengan ukurannya yang hampir sebesar kamar tidur, menggunakan tube vakum dengan jumlah yang amat banyak untukmenyimpan dan memproses perintah atau intruksi,memakan tenaga listrik ribuan watt, menggunakan bahasa mesin dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih.
Komputer generasi pertama ini disebut juga sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli saja yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan daya komputensinya sangat lah lambat.
Ciri-ciri komputer generasi pertama :
Silinder magnetik untukmenyimpan data
Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (vacum tube) untuk sirkuitnya.
Kapasitas penyimpanan kecil
Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas
Cepat panas
Proses kurang cepat
Memerlukan daya listrik yang besar
Orientasi pada aplikasi bisnis

Generasi kedua
Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio,dan komputer.
Penemuan lainnya dalah penggunaan memori inti magnetik yang berfungsi menyimpan data, sehingga lebih cepat dalam pemrosesan data, serta bahasa mesin telah digantikan dengan bahasa assembly (fortran dan cobol) yang memudahkan dalam pengoprasiannya.
Komputer generasi kedua ini muncul padaera 1960-1964 dan dulu komputer ini banyak digunakan di berbagai perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama yaitu kira-kira sebesar lemari. Pada era ini manusia telah mengenal printer, memori, disket, ataupun sistem operasi.
Ciriciri komputer generasi kedua :
Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan perkembangan magnetic core srorage
Berorientasi pada bisnis dan teknik
Tidak banyak mengeluarkan panas
Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi
Proses operasi sudah cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik
Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)

Generasi ketiga
Era baru komunikasi komputer mulai menapakkan kakinya pada momentum ini. Sebagian besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem on-line dengan menggunakan terminal jarak jauh dalam pemakaian komputer.
Teknologi ini tentunya didukung pula oleh kinerja komputer yang semakin baik dari segi penggunaan hardare maupun software. Penemuan baru dibidang hardare dilakoni dengan munculnya IC (Integrated Circuit) dalamkomponen komputer.
Karena kelebihannya dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalamsuatu chip tunggal sehingga kompiter pada ssat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan, bahkan komponen komputer.
Pada bagian software, teknik-teknik pemprograman jamak (Multi Programing) mulai di kembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemprograman yang ada.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga :
Komponen elektroniknya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi yaitu, BASIC, FORTRAN, COBOL
Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programing dalam waktu yang bersamaan
Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer

Generasi keempat
Komputer generasi keempat ini adalah komputer yang kita temui pada saat ini. Komputer yang dalamkomponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walapun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda. Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputer pun lebih sederhana.
Pada periode ini berbagai IC disatukan menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI (Very Large Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah diterapkan pada komputer-komputer rumahan,seperti ord processing dan spreadsheet. Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya hanya dinikmati oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa digunakan juga oleh masyarakat awam. Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak lagi digunakan hanya pada komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk elektronik lainnya, seperti televisi dan microave.
Ciri-ciri generasi keempat :
Komponen elektroniknya dari miniaturrisasi yang disebut LSI dan mulaimemperkenalkan VLSI yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000
Mulaidikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET ( Attach Research Computing Netork)
Program dibuat oleh bahasa : BASIC, FORTRAN, COBAL, PASCAL.

2.4 IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI
Secara internal kelembagaan penerapan dan pengembangan TI menjadi tulang punggung sistem tata kelola pemerintah menuju good governance yang transparan dan akuntabel. Efisiensi akan banyak dicapai melalui pemanfaatan TI tanpa harus merusak nilai-nilai kemanusiaan. Justru sistem TI yang dikembangkan harus mampu mengangkat harkat dan nilai-nilai kemanusiaan dengan terciptanya layanan publik yang lebih bermutu dan efisien, sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia di dalam zaman global dan kompetitif ini.
Disisi lain sebagian besar departemen/institusi melihat belum mapannya dukungan infrastuktur dan kurangnya ketersedian sumber dana dan sumber daya manusia yang memadai sebagai beberapakendala yang harus diatasi sebelum pelayanan publik dengan dukungan teknologi informasi dapat ditingkatkan. Dari sisi dampak positif akan penerapan teknologi informasi dan pelayanan publik, sebagian besar departemen/institusi lebih menghargai adanya peningkatan kerja organisasi sendiri dalam bentuk meningkatnya pelayanan dan efisiensi birokrasi.


BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Komputer berasal dari bahasa Latin, yaitu Computare. Computare sendiri memiliki arti untuk menghitung. Pada awalnya, kata ini ditunjukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, bagi secara manual maupun menggunakan alat bantu hitung.
Komputer adalah salah satu peralatan elektronik yang dapat menerima input,mengolah input, memberikan informasi,menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dari hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

SARAN
Dengan terus menggeliatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, alangkah baiknya jika dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif sekaligus berkarakter religius, sehingga mampu untuk menggunakan teknologi dengan mindset yang kritis terhadap kemajuan iptek, dan bersumbangsi untuk orang-orang sekitar.


DAFTAR PUSTAKA

http://nurfitriani297.blogspot.com/2016/05/makalah-sejarah-perkembangan-komputer.html?m=1
http://marinisudharmono.blogspot.com/2014/09/mencetak-karakter-dengan-menggunakan.html?m=1
http://gudangbelajar123.blogspot.com/2016/04/teknologi-informasi-pada-pelayanan.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis kasus korupsi e-KTP

Analisis Kasus Korupsi E-KTP Untuk Memenuhi Tugas Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Anti Korupsi Disusun oleh: ...